Produk Olahan Salak pondoh

Salak Pondoh Sleman, Pusat Penjualan Salak Pondoh Super.

Selain dikonsumsi sebagai buah asli, salak pondoh juga mulai dikembangkan menjadi aneka macam makanan dan minuman olahan. Diantaranya yaitu keripik salak pondoh, manisan, asinan, syrup, bakpia, dodol hingga kue-kue seperti nastar dan juga brownies.

Apa keuntungan dari olahan salak pondoh ini?

Yang pertama adalah dari segi keawetan produk. Jika buah salak pondoh asli hanya dapat bertahan tidak lebih dari beberapa minggu saja (tergantung dari kandungan air di dalam buah salak tersebut), maka olahan salak pondoh dapat bertahan lebih dari satu bulan. Hal ini sangat menguntungkan untuk jalur pendistribusian yang relatif panjang. Kedua,adalah berat produk olahan yang jauh lebih ringan daripada buah asli. Hal ini sangat berpengaruh jika salak pondoh difungsikan sebagai komoditas perdagangan. Berat netto buah salak pondoh tanpa kulit dan tanpa isi diperkirakan hanya sebesar 10% – 20% dari berat brutto. Oleh karena itu salak pondoh olahan jauh lebih efektif dari segi pengepakan dan juga berat karena hanya benar-benar olahan buah saja, tanpa biji dan juga tanpa kulit.

Apa kelemahan dari produk salak pondoh olahan?

Seperti produk olahan lain, makanan ataupun minuman olahan salak pondoh ini terkadang tidak memiliki rasa salak pondoh yang kuat. Bahkan beberapa diantaranya menjadi kehilangan rasa salak pondoh itu sendiri. Akan tetapi hal tersebut di atas bisa diambil jalan keluarnya dengan memberi campuran bahan lain dengan  uuran yang pas sehingga buah salak pondoh tidak kehilangan ciri khas rasanya.

Bagaimana dengan prospek pasar olahan salak pondoh?

Sebagai buah asli Indonesia, produk olahan salak pondoh masih terbuka sangat lebar baik untuk pasar domestik maupun pasar internasional. Meski belum begitu dikenal di luar Asia,  akan tetapi salak pondoh dan juga produk olahannya begitu digemari di dunia internasional.  Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing non Asia yang sedang berkunjung ke Yogyakarta dan juga Bali yang sangat menyukai salak pondoh dan makanan olahannya.  Negara Asia Tenggara lain yang juga mulai mengembangkan salak (pondoh maupun bukan) adalah Thailand (dikenal dengan nama sala), Malaysia (salak), Filipina (snake fruit) dan juga Myanmar (dikenal dengan nama yingan).

Sedangkan untuk pasar domestik, olahan salak pondoh masih terbatas untuk oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Beberapa daerah yang banyak mengembangkan salak pondoh olahan yaitu Sleman, Magelang, Banjarnegara, Purbalingga, Malang, Bali, Lampung dan juga beberapa daerah lain. Dengan terbukanya pasar yang begitu melimpah, maka pasar untuk buah salak pondoh dan juga produk olahannya merupakan sebuah peluang yang menjanjikan.

Salak Pondoh Sleman, Pusat Penjualan Salak Pondoh Super.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>